Jumat, 18 Mei 2012

Perlengkapan bonsai

membonsai dengan serius sudah seharusnya tidak hanya berbekal kawat saja,
memang sepertinya kebutuhan akan alat-alat bonsai profesional untuk sebagian orang masih di anggap sebelah mata, padahal alat tersebut dibuat dan didesign sedemikian rupa untuk mempermudah pengerjaan serta menghasilkan bonsai yang baik saat kita berkarya.

memang sebagian besar fungsi alat-alat bonsai adalah untuk memotong. sehingga yang ada difikiran kita adalah "memotong cukup dengan gunting" jadi yang sering berlaku adalah -one tool for all purpose- .padahal tiap alat tersebut akan menciptakan bekas potongan yang berbeda dengan gunting biasa dan dapat membantu proses penutupan luka bekas potongan dengan sempurna.

berikut beberapa peralatan bonsai yang wajib dimiliki oleh para seniman bonsai beserta deskripsi fungsinya :

1.KNOB CUTTER

intensitas penggunaan alat ini sangat sering. bentuknya seperti tang catut namun memiliki bentuk kepala membulat serta mata yang tajam. biasanya digunakan untuk memotong cabang, bekas luka yang ditinggalkan oleh alat ini akan membentuk cekungan kedalam, sehingga proses penyembuhan kambium nantinya akan munutup dengan baik pada bekas potongan.dan meninggalkan bekas luka yang menimbulkan kesan tua pada pohon tersebut.

contoh bekas potongan yang sedang menutup menggunakan knob cutter

2. CONCAVE CUTTER

Fungsi utamanya kurang lebih sama dengan Knob cutter, namun biasanya alat ini di gunakan untuk menggapai sudut2 sulit yang tidak dapat diraih oleh knob cutter

-sambung nnti pulang kantor-

2 komentar:

  1. Mana sambungannya ? atau aku yang telmi kekekek
    Trims sangat membantu bagi pemula seperti saya
    Maju terus demi kejayaan Bangsa sudah saatnya kita GELORAKAN SENI TANAMAN POHON KHAS MILIK NEGERI NUSANTARA YAKNI "PETTHETAN" ada komentar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. heee...
      terima kasih sahabat Bonsaidisain..kesalahan bukan pada perangkat anda. memang sepertinya kami lupa untuk meneruskan artikel ini.secepatnya akan di update.

      mengenai pohon PETTHETAN saya belum pernah mendengarnya.
      mungkin bisa di bantu untuk menunjukan gambarnya..syukur2 bisa dikirim juga sampe pohonnya :)

      Hapus